Kamis, 09 Desember 2021

GAMES DALAM PEMBELAJARAN

 

Belajar adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan suatu perubahan didalam kehidupannya baik tingkah laku, pengetahuan, sikap, keterampilan, pola atau daya pikir, nilai kehidupan, dan berbagai kemampuan lainnya yang diperlukan didalam kehidupan.

Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu
sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan hiburan

Game sebagai media pembelajaran bukanlah sebuah konsep baru, konsep ini muncul seiring dengan munculnya berbagai macam game (permainan), baik itu game tradisional maupun game digital. Akibatnya secara spesifik muncul istilah game edukasi, yaitu game yang secara khusus memiliki muatan pembelajaran dan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pemainnya dalam mempelajari suatu materi. Game mampu memancing minat belajar pemainnya, sehingga menghasilkan pengalaman baru seperti perasaan senang yang pada akhirnya materi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh pemain game.
Berbagai penelitian telah membuktikan efektifitas game dalam mempengaruhi
pemainnya. Muatan atau konten yang berada di dalam game, dengan mudah dipahami oleh pemain hal ini dikarenakan interaktifitas yang ada dalam game, sekaligus imersi yang diberikan oleh game menjadikan pemain dalam kondisi yang paling rileks dan terbuka dalam menerima materi. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa pengembang game untuk mempengaruhi pemain, dalam artian positif maupun negatif.
Kecepatan game dalam mempengaruhi pemain ini sangat terkait dengan
perkembangan siswa didik di era teknologi seperti ini

Penggunaan game dalam pembelajaran dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih santai dan dapat merangsang siswa untuk belajar lebih aktif dalam
memecahkan masalah (Ariesto, 2012)

 

Manfaat game untuk pembelajaran

Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan efektif
▪ Siswa menjadi lebih aktif
▪ Mengurangi kejenuhan
▪ Membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.
▪ Meningkatkan kemampuan komunikasi dan Kerjasama siswa.
▪ Menumbuhkan daya saing positif antar siswa khususnya dalam ranah        kognitif
 terhadap pembelajaran dan sikap sportivitas

Penggunaan game dalam pembelajaran dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih santai dan dapat merangsang siswa untuk belajar lebih aktif dalam memecahkan masalah (Ariesto, 2012)

Banyak game online yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran diantaranya adalah Kahoot, Quizizz, wordwall ataupun Puzzle Maker

Untuk membuat teka-teki silang secara manual memang terasa sangat sulit dan lama. Cara cepat untuk membuat games teka teki silang untuk di kelas adalah dengan software aplikasi puzzle maker. Aplikasi ini kita tidak perlu diinstall terlebih dahulu sehingga tidak membebani memori laptop kita.

    Cara membuat Teka Teki Silang dengan menggunakan Puzzle Maker

1. Ketikan di laman Google puzzle maker

2. Pilih Welcome to Discovery Education’s Puzzlemaker Create

3. Pilih jenis teka-teki yang akan kita buat



Misalkan kita akan membuat  Math Squares Puzzle

Langkah-langkahnya....

 1 isikan judul teka-teki silang

2. Isikan ukuran kotak matematika

3. Isikan beberapa angka

4. Pilih operator matematika yang ingin digunakan.
Nah cukup menarik kan....