Rabu, 04 November 2020

PENGGUNAAN PADLET UNTUK PEMBELAJARAN YANG LEBIH INTERAKTIF

 



Menjadi guru di saat wabah virus Covid-19 saat ini, bukan lagi tentang guru yang berdiri di depan kelas, tetapi sudah selayaknya guru harus “dipaksakan” menggunakan pembelajaran online. Bersyukur siswa adalah kaum digital yang sudah akrab dengan teknologi sehingga tidak ada kendala yang berarti .

Padlet adalah perangkat yang netral, karena berfungsi di semua perangkat yang mendukung internet, termasuk: PC, laptop, tablet, smartphone. Ini berarti dapat bekerja dengan mudah di sekolah mana pun  yang memanfaatkan beragam perangkat.

Dan tidak ada perangkat lunak atau aplikasi yang perlu diunduh atau dipasang, sehingga bisa digunakan langsung oleh siapa saja yang memiliki akses internet..

Padlet merupakan suatu aplikasi dimana siswa dapat berkolaborasi dan berbagi apa yang mereka tulis dan sampaikan. Siswa dapat memposting video, gambar, dan tulisan terkait tema. Catatan atau penugasan oleh guru dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen. dan siswa dapat juga mengupload kembali pekerjaan yang sudah selesai ke alamat link yang sama.

Padlet dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen

Kolaborasi yang dilakukan tidak hanya terbatas antara guru dengan siswa, namun juga dapat digunakan oleh sesama guru untuk melakukan banyak hal, seperti brainstorming, mapping, maupun pembuatan roadmap

Ketika Anda mendaftar dengan Padlet, Anda dapat membuat banyak "dinding" atau papan atau halaman tulisan online sesuka Anda. Dinding-dinding ini dapat diatur untuk pribadi atau publik, dengan masing-masing dinding memiliki pengaturan privasi terpisah.

Ini bisa memfasilitasi kolaborasi guru pada setiap mata pelajaran, yang tidak dapat diakses oleh siswa. Dinding pribadi dapat dibuat dengan mendaftarkan akun terlebih dulu untuk mengaksesnya. Sebagai pemilik dinding, guru dapat memoderasi semua catatan sebelum mereka muncul dan pengaturan privasi dapat disesuaikan setiap saat.

Pengguna tidak perlu mendaftar untuk menggunakan Padlet ini, meskipun disarankan agar guru menggunakannya. Guru juga dapat memilih untuk mengatur pemberitahuan untuk menerima email setiap kali seorang siswa mengirim tugas atau materi review tertentu ke dinding guru.

Langkah-langkah membuat akun Padlet

Cara membuat akun padlet sangatlah mudah, kita hanya perlu berkunjung ke alamat website padlet. Kemudian klik daftar yang tertera pada muka halaman. Selanjutnya akan muncul pilihan mendaftar dengan google dan atau dengan facebook. Jika Anda daftar dengan google, maka sebelumnya Anda sudah memiliki akun G+ dan email (gmail@com), lalu klik ikon daftar yang terdapat pada pojok kanan bawah.

Setelah Anda berhasil daftar, selanjutnya Anda akan berada di halaman dashboard padlet. Berarti Anda sudah siap untuk membuat sebuah padlet (make a padlet). Pada membuat padlet jangan lupa berikan judul atau title dan subtitle padlet. Sehingga nanti akan mudah bagi guru/dosen dan siswa mengenali pokok bahasan spesifik yang akan dipelajari atau dikerjakan.Silakan di coba ya.

Semoga bermanfaat...

Berikut tutorial penggunaan Padlet


Penerapan aplikasi padlet dalam pembelajaran Matematika dapat dilakukan melalui metode problem based learning dengan tahapan sebagai berikut:

CreativityThinking and Innovation

Pada tahap ini, siswa mengamati dan mencatat hal-hal penting yang telah ditugaskan oleh guru selama satu minggu sebelumnya tentang, materi  persamaan garis lurus dalam bentuk tulisan, gambar/foto dan video dirumah masing-masing.

Organization

Siswa membagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru. siswa secara individu atau kelompok dapat menyampaikan rumusan hipotesisnya.

Critical Thinking and Problem Solving

Siswa mulai mencari dan mengumpulkan data dan informasi secara berkelompok terkait persamaan garis lurus dari berbagi referensi atau sumber lain, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. Guru dapat mendorong dan merekomendasikan sumber bacaan secara online.

Collaboration

Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan melalui media whatshapp. Guru mulai menerapkan aplikasi padlet yang hasilnya siswa diminta membuat karya berupa video dengan dibubuhkan teks dan rekaman suara tentang materi persamaan garis lurus dirumah. Guru membantu merencanakan, menyiapkan dan menyajikan hasil karya.Guru membantu, memantau dan menjadi fasilitator dari kegiatan selama melakukan diskusi kelompok.   

   

Communication

Guru meminta siswa melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah dibuat kepada teman-temannya dengan cara mengupload hasil karya ke alamat link padlet. Guru melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan, dan membimbing siswa membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran.

Di akhir pembelajaran siswa diminta untuk menuliskan apa yang dipahami tentang materi yang diajarkan dan guru menayangkannya di layar lebar. Responnya sungguh positif. Siswa tampak senang sekali saat melihat nama dan tulisannya terpampang, meski dengan isi yang tidak nyambung sekalipun. Dan satu lagi siswa bisa memberi tanda love punya teman yang lain, dan itulah yang jadikan siswa tambah senang.

Untuk berbagi ke teman yang lain, siswa dapat memposting hasil karya video yang dibubuhi teks dan rekaman suara tersebut ke link yang telah dibuat di laman padlet.com atau whatshapp guru dan karyawan sekolah atau pihak lain.