Minggu, 03 November 2019

Pembekalan Calon Guru Inti Program PKP berbasis Zonasi


Kegiatan dilaksanakan tanggal 28 Oktober s/d 4 Novel 2019 bertempat di Grand Pasundan Convention Hotel
Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mampu:
1.       Memfasilitasi materi pembekalan Instruktur berupa konsep Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), Pengembangan
Pembelajaran, Penilaian dan Praktik Pembelajaran berorientasi Higher Order
Thinking Skills
(HOTS), serta strategi fasilitasi kegiatan Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi,
2.       Memfasilitasi transfer knowledge baik teori maupun praktik pembelajaranberorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terintegrasi 5 (lima) unsur Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi,
3.       Memfasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi sesuai dengan skenario pembelajaran

MATERI YANG DIBERIKAN:
A.       Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.
Materi ini membahas tentang kebijakan pendidikan tentang pedoman dan juknis pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi
B.      Integrasi PPK dan GLN dalam pembelajaran Berbasis HOTS
Materi ini membahas tentang integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan
Gerakan Literasi Nasional (GLN) dalam kegiatan pembelajaran berorientasi HOTS. Nilai utama PPK yang harus terintegrasi yaitu religiositas, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
C.       . Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS.
Materi ini membahas tentang pengertian HOTS, karakteristik, aspek, dimensi pengetahuan dan dimensi konsep berpikir, serta mengkaji materi pada unit pembelajaran. Kegiatan ini dilengkapi diskusi terbimbing dengan mencermati video pembelajaran sebagai sumber dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
D.      Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS.
Materi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktifitas
[H1] peserta didik dengan menggunakan model-model pembelajaran dalam
mencapai kecakapan abad 21.
E.       Penilaian Berorientasi HOTS.
 Materi ini membahas tentang pengembangan penyusunan penilaian pengetahuan dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
F.       Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Materi ini, peserta mereview bahan pembelajaran dari Unit Materi Pembelajaran dan
mengembangkan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
berorientasi HOTS.
G.      Praktik Pembelajaran HOTS dalam bentuk Peer Teaching.
Pada materi ini, peserta melakukan Peer Teaching Pembelajaran HOTS berdasarkan
RPP yang telah disusun.
H.      Strategi Fasilitasi.
Materi ini membahas tentang strategi fasilitasi pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.
I.        Pengenalan Kelas Pendampingan Online.
Pada materi ini peserta masuk ke kelas pendampingan online dan melakukan aktivitas pembelajaran berupa latihan pendampingan online pada sesi latihan.
J.        Rencana Tindak Lanjut.
Materi ini membahas tentang penyusunan rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh peserta setelah mengikuti kegiatan pembekalan.
Dan jangan lupakanTes Awal dan Tes Akhir. tes awal untuk melihat kemampuan awal peserta sebelum mengikuti pembekalan dan melakukan tes akhir untuk melihat kemampuan peserta setelah mengikuti pembekalan.
                      Fasilitator : Ibu Tina Agustina,  dan Ibu Estina Ekawati





                                           Berfoto seteleah peer teaching



Berfoto setelah selesai kegiatan

Berfoto dengan sesama peserta Kota Bandung dan fasilitator
Penutupan






 [H1]