1.
Komponen kurikulum
operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...
a. Perencanaan pembelajaran
b. Pengorganisasian pembelajaran
c. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
d. Pengembangan dan pendampingan profesional guru
2. Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor eksternal yang dapat dianalisis yakni sebagai berikut, kecuali...
a.
Potensi daerah
b.
Sosial ekonomi
c.
Budaya
d.
Keunggulan sekolah
3.
Cara
untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum
operasional yaitu...
a. Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat
b. Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah
c. Melakukan
refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik
d. Semua benar
4.
Perhatikan
cara penerapan kurikulum operasional pada 2 sekolah berikut:
Sekolah A
- Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh Kemdikbudristek.
- Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk perencanaan
pembelajaran
Sekolah B
- Mengembangkan kurikulum operasional sendiri
- Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri
Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah tepat dalam
mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?
a.
Sekolah A
b.
Sekolah B
c.
Keduanya Benar
d.
Tidak ada yang benar
5.
. Pernyataan di
bawah ini yang menunjukkan peran pendidik dalam penyusunan kurikulum
operasional satuan pendidikan adalah…
a.
Mengembangkan rencana
pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang
memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.
b.
Memimpin dan
melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum
operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
c.
Mendampingi,
membimbing, dan mendorong satuan pendidikan di bawah binaannya untuk
mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip penyusunan.
d.
Mengarahkan satuan
pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan
kondisi riil satuan pendidikan.