Selasa, 21 Maret 2023

Soal dan Kunci Jawaban Modul 2 Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

 

1.      Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...
a. Perencanaan pembelajaran
b. Pengorganisasian pembelajaran
c. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
d. Pengembangan dan pendampingan profesional guru

2.      Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor eksternal yang dapat dianalisis yakni sebagai berikut, kecuali...

a.       Potensi daerah

b.      Sosial ekonomi

c.       Budaya

d.      Keunggulan sekolah

3.      Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...
a. Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat
b. Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah
c. Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik
d. Semua benar

4.      Perhatikan cara penerapan kurikulum operasional pada 2 sekolah berikut:
Sekolah A
- Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh Kemdikbudristek.
- Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk perencanaan pembelajaran
Sekolah B
- Mengembangkan kurikulum operasional sendiri
- Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri

Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah tepat dalam mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?

a.       Sekolah A

b.      Sekolah B

c.       Keduanya Benar

d.      Tidak ada yang benar

5.       . Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan peran pendidik dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah…

a.       Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.

b.      Memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.

c.       Mendampingi, membimbing, dan mendorong satuan pendidikan di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip penyusunan.

d.      Mengarahkan satuan pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.