Jumat, 12 November 2021

LAPORAN PENGIMBASAN SERI LITERASI DAN NUMERASI

Aspek Karakteristik peserta

1.       1. sasaran peserta

Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

pada jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat di Indonesia maupun guru yang berada di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) terutama guru-guru di sekolah penggerak yang akan berperan sebagai peserta yang diharapkan mampu menjelaskan praktik baik tentang pengembangan aktivitas atau kegiatan yang mendorong peningkatan literasi dan numerasi di sekolah dalam bentuk artikel, video, infografis, dan lain-lain yang dapat menjadi inspirasi serta rujukan bagi guru di seluruh Indonesia

 

2.       jenis kegiatan

Pengimbasan bimbisan teknis Seri Literasi dan Numerasi

Yaitu program dibuat untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas seseorang agar memiliki kualitas hidup yang tinggi di dalam suatu masyarakat. Untuk itu harus dimulai dari peningkatan keterampilan literasi dan numerasi bagi para pendidik diantaranya adalah melalui kegiatan bimbingan teknis peningkatan literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi. Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan mampu menambah dan bahkan mendongkrak pengetahuan, wawasan, cara pandang, sikap dan perilaku kreatif, kritis, dan inovatif, serta kolaboratif para pendidik merespon tantangan kekinian. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para pendidik dari bimbingan teknis ini akan meningkat pesat apabila diimbangi keinginan dan kemauan yang kuat, dengan belajar mandiri yang dilakukan di luar bimbingan teknis. Apapun yang didapat akan bermanfaat penuh dan berdampak positif terhadap sesama pendidik jika dikembangkan dalam platform berbagi di antara pendidik

 

3.       tempat kegiatan

SMPN 46 Bandung jalan Cigagak Cibiru

4.       karakteristik peserta

berusia 23-56 tahun

5.       latar belakang pendidikan peserta

             latar belakang pendidikan D3, S1 dan S2

 

6.       instansi (sekolah) mana berasal

SMPN 46 Bandung

Aspek Materi Pengimbasan

1.       Materi pengimbasan membahas modul ke-1

Definisi, Konsep dan Makna Literasi Dalam Lintasan Waktu

Literasi adalah melibatkan seperti apa tujuan membaca teks, bagaimana pembaca menafsirkan teks, bagaimana pembaca berkomunikasi dengan penulis dan bagaimana pembaca mengomunikasikan apa yang mereka baca dengan orang lain, karena mereka mungkin perlu mendiskusikan isi teks (Guthrie dan Kirsch, 1984; Levine, 1986, Elley, 1989)

2.       Dilakukan dalam berapa pertemuan

Satu kali

3.       Pertanyaan peserta

Apakah literasi hanya diidentikkan dengan keterampilan membaca

4.       Jawaban terhadap pertanyaan peserta

Konsep literasi sesungguhnya mencakup keterampilan mendengar, berbicara,
membaca, dan menulis. Satu dengan yang lainnya saling terkait erat dan tidak
dapat dipisahkan Literasi kekinian dapat dikembangkan melalui penerapan
keempat keterampilan itu dengan pemanfaatan berbagai variasi media yang
ada secara fungsional. Strategi, metode, dan tekniknya tentu diaktualisasikan
sesuai kebutuhan, tuntutan dan gaya hidup serta perilaku saat ini. Oleh
karenanya, media multimodal, media yang melibatkan dua atau lebih sistem
semiotika baik bahasa lisan dan tulis, audio, visual, audiovisual, gestur dan
teks spasial, menjadi bagian penting dari kehidupan siswa

 

5.       Materi pengimbasan membahas modul ke-2

 Tujuan utama pembelajaran literasi membaca adalah agar peserta didik mampu memperoleh pemahaman yang mendalam dari informasi yang didapatkan. Pembelajaran literasi membaca ditekankan pada aktivitas peserta didik, agar peserta didik mampu:

  1. Menganalisis isi teks baik secara eksplisit maupun implisit
  2. Menggambarkan inferensi analitis atas teks
  3. Mengkritisi teks melalui penggunaan logika berpikir yang benar, serta ditunjang oleh fakta-fakta yang lengkap baik dari dalam teks maupun luar teks.
  4. Memproduksi secara kreatif pemahamannya melalui berbagai media representasional yang bersifat multimoda, multi genre, multimedia, dan multibudaya

6.       Dilakukan dalam berapa pertemuan

 

Satu kali

7.       Pertanyaan peserta

Bagaimana menyusun program literasi dan numerasi

8.       Jawaban terhadap pertanyaan peserta

Penyusunan program literasi dan numerasi

1.      Membuat program literasi dan numerasi dengan memetakan profil peserta didik
terlebih dahulu

 

2.      Menggunakan profil peserta didik sebagai dasar penyusunan program literasi dan
numerasi

3.      Menyusun program dengan asesmen yang sesuai profil peserta didik

 

 

9.       Materi pengimbasan membahas modul ke-3

Praktik baik Literasi dan Numerasi di sekolah terkait dengan pelaksanaan nyata pengembangan literasi dan numerasi di sekolah

Praktik literasi terkait dengan penggunaan praktik-praktik situasi sosial, dan
historis, dan situasi kebudayaan untuk menciptakan dan menginterpretasikan
makna melalui teks

Orang tua beranggapan bahwa
dengan menggelar jadwal rutin membaca bagi peserta didik-peserta didik mereka, pendidikan literasi dan numerasi telah berjalan dengan benar dan sesuai dengan harapan. Padahal, apa yang dicapai oleh peserta didik adalah sebuah kegiatan rutin yang mungkin terkesan membosankan.
Terlebih lagi peserta didik mungkin merasa bahwa melakukan kegiatan rutin tersebut sematamata karena ingin patuh terhadap apa yang disampaikan dan diajarkan oleh orang tua mereka

 

10.   Dilakukan dalam berapa pertemuan

Satu kali

11.   Pertanyaan peserta

Bagaimana cara mengimplementasikan numerasi di sekolah

 

12.   Jawaban terhadap pertanyaan peserta

Dalam mengimplementasikan numerasi di mata pelajaran matematika, dapat dimulai dengan permasalahan kontekstual atau kegiatan yang berbasis proyek. Masalah kontekstual dapat digunakan di awal pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami konteks maupun di akhir penjelasan untuk memperkuat pemahaman konsep peserta didik

Aspek Hikmah Pengimbasan

Hikmah pengimbasan mengetahui miskonsepsi terhadap literasi dan numerasi dan memahami materi dan praktek literasi dan numerasi

 

  1. Materi yang dipahami 

Materi yang dipahami Literasi dan Numerasi

 

  1. Apa yang dilakukan untuk lebih memahami materi

 

Yang dilakukan untutk mengetahui materi Literasi dan Numerasi adalah mendaftar dan mengikuti Bimbingan Teknis(Bimtek) Literasi dan Numerasi, membaca, mencermati, menelaah setiap informasi baik berupa informasi visual ataupun audio

  1. Materi apa yang ingin didalami lebih lanjut

Penerapan literasi numerasi di sekolah menengah pertama secara berkelanjutan, pengalaman praktik guru-guru lain

  1. Mengapa materi tersebut ingin didalami lebih lanjut

Materi ini penting untuk penerapan pembelajaran di sekolah, Agar siswa memiliki kesadaran akan pentingnya literasi dan numerasi dan mencapai tuntutan keterampilan abad 21 yaitu kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking),kemampuan komunikasi (communication), kreativitas dan inovasi (creativity) dan  kemampuan berkolaborasi (collaboration) untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada

Dengan mengamati pratik dari guru-guru lain dapat menginspirasi saya untuk ATM pada pembelajaran yang saya lakukan